Sabtu, 18 November 2017
  • (0473) 21536
  • diskominfo@luwuutarakab.go.id

Barang Baru Smart Village untuk Desa di Lutra, Apa itu?

Barang Baru Smart Village untuk Desa di Lutra, Apa itu? Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

Masamba,- Pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi perhatian Bupati Luwu Utara, Sulsel, Indah Putri Indriani.


Indah menggagas kerjasama dengan PT. Telkom guna memamfaatkan teknologi  informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Luwu Utara.


Penandatanganan kerjasama dilakukan di Aula Lagaligo, Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis kemarin (24/08).


“Yang kita lakukan ini bukan gagah-gagahan tapi ini (smart village) adalah kebutuhan, karena kita tidak bisa menghindar dari perkembangan yang terjadi dilingkungan kita” ucap Bupati dihadapan para Kepala Desa Se-Luwu Utara.


Indah berharap, pemamfaatan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, agar lebih efektif dan efisien.


Dalam penerapan Smart Village terdapat empat pilar utama yang akan menjadi fokus utama, yaitu pilar pemerintahan, pilar kesehatan, pilar pendidikan dan pilar perekonomian.


”Aplikasi yang akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya kita fokus kepada e-pelaporan dana desa, sistem informasi pedesaan, musrenbang online dan e-perekonomian," tutur Indah.

Rencananya, sistem informasi desa akan diintegrasikan dengan sistem informasi yang diterapkan pemerintah pusat, terutama terkait dengan kebijakan satu data.


Selain itu, sistem informasi desa akan memotret dan menginformasikan potensi desa yang bisa dikembangkan dan menarik minat pihak luar agar berinvestasi di desa.


Penerapan Musrenbang online, menurut Bupati, akan mengadopsi sistem musrenbang online yang sudah diterapkan oleh pemerintah pusat.


“Dalam musrenbang online, tidak akan ada lagi usulan diluar sistem. Semua program akan masuk kedalam sistem, yang selanjutnya akan dinilai tingkat prioritasnya," tegas dia.

Bupati mengakui, tantangan utama dalam penerapan Smart Village adalah persoalan infrastruktur dan sumberdaya manusia.


“Tapi perkembangan teknologi telah menjawab hal itu, untuk desa yang belum dapat akses telekomunikasi akan dibantu dengan distribusi jaringan satelit, untuk yang dalam perkotaan akan didukung oleh sarana fiber optik," tandas Bupati. (Ant/RN/Kominfo)