Sabtu, 18 November 2017
  • (0473) 21536
  • diskominfo@luwuutarakab.go.id

Luwu Utara Siap Terapkan Smart City dan Smart Village

Luwu Utara Siap Terapkan Smart City dan Smart Village Penyerahan cinderamata sekaligus penandatanganan MOU dengan PT. Telkom Indonesia, Tbk

Masamba, -- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara lakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Desa dan PT Telkom Regional 7 Kawasan Timur Indonesia (KTI) Makassar tentang rencana penerapan smart city dan smart village di Luwu Utara, Kamis (24/8).

MoU ini merupakan langkah awal pemerintah daerah dalam upaya menjadikan Luwu Utara sebagai kawasan yang mampu mengembangkan konsep pengelolaan kota dan desa dengan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Apa yang telah diprakarsai itu rupanya membuat Executive Vice President PT Telkom Regional 7 Makassar, Aris Dwi Tjahjanto, terkesima dan merasa takjub karena Luwu Utara satu-satunya daerah di kawasan timur Indonesia yang ingin menerapkan konsep smart city dan smart village sekaligus. Atas penerapan konsep kawasan cerdas itu, maka Aris menyebut Bupati Luwu Utara adalah sosok pemimpin yang visioner.

“Terus terang saya kagum. Jika di Indonesia timur semua kepala daerah baru berbicara smart city, tapi Luwu Utara ini luar biasa. Bupatinya sangat visioner, karena ingin mengimplementasikan konsep ini sekaligus. Insya Allah, jika konsep ini terjadi, maka Luwu Utara adalah kabupaten pertama di Indonesia Timur yang menerapkan smart city dan smart village sekaligus,” ujar Aris usai melakukan penandatanganan MoU antara Bupati Luwu Utara, Kepala Desa se-Lutra dan PT Telkom di Aula La Galigo.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan hari ini adalah sebuah kebutuhan. Mengingat dinamika dan perkembangan dunia yang begitu pesat, utamanya dalam perkembangan informasi dan teknologi.

“Apa yang kita lakukan hari ini bukan sekadar gagah-gagahan, tapi yang kita lakukan hari ini adalah sebuah kebutuhan. Kita tidak bisa menghindar dari perkembangan dan dinamika yang terjadi di lingkungan kita, baik lokal, regional, maupun internasional,” ujar Bupati Indah Putri.

Indah mengungkapkan bahwa konsep smart city sebenarnya bukan barang baru di Luwu Utara. Itu dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai daerah yang paling siap mengimplementasikan konsep smart city sebagai daerah penerapan IT terbaik kategori kabupaten kecil di Indonesia pada akhir November 2016 lalu.

“Apa yang kita lakukan hari ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi kita. Mengingat Luwu Utara adalah daerah yang paling siap menerapkan konsep smart city dengan meraih penghargaan sebagai daerah dengan penerapan IT terbaik kategori kabupaten kecil di Indonesia pada akhir November 2016 kemarin,” terang Indah.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Arief R Palallo, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi program smart city dan smart village yang diikuti dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan PT Telkom Regional 7 Makassar adalah upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat untuk lebih aktif menggunakan TIK dan lebih maju dalam taraf kehidupannya.

“Ini upaya pemerintah daerah dalam mendorong masyarakat untuk lebih aktif menggunakan TIK sehingga lebih maju dalam taraf kehidupannya,” pungkas Arief. (LH/Humas)